Berkaca dari Pengalaman Ditipu Uang Modus Menang Undian

Ah, namanya juga Urang Udyk. Tentu tidak aneh rasanya kalo ane pernah ketipu uang belasan juta dengan modus lagi menang undian berhadiah. Nyaha. Memalukan memang, tapi sepertinya, sudah saatnya Urang Udyk membagikan pengalaman ini kepada pembaca semua biar tak ada lagi korban-korban berikutnya.

Kejadian tersebut Udyk alami sekitar satu setengah tahun yang lalu, waktu ane masih belum bekerja. Jalurnya pun cukup unik, sepupu ane yang menang undian, ane yang melayani teleponnya, dan ane pula yang transfer uangnya. Nyaha. Kalo ingat kejadian itu rasanya pengen ngumpet dalam lemari. Malu-maluin banget. Meski udah sering baca kasus penipuan macam begitu, tak disangka Udyk malah ikut-ikutan jadi korban.

Yang paling kasihan itu kayaknya Emak. Meski udah mewanti-wanti tapi tetep aja Udyk masuk ke perangkap tu penjahat. Ludeslah uang belasan juta, menyisakan rekening kosong yang gak ada sisanya. Nyaha.

Tapi disini, Urang Udyk tidak bermaksud untuk bernostalgia menceritakan runtut kejadiannya (nanti lah kapan-kapan). Disini Udyk mau mencoba menganalisis, kenapa sih saat itu ane malah kebablasan kena, kira-kira apa saja faktor-faktornya.

1. Belum Bekerja

Yep, kala itu Udyk baru lulus sekolah, belum ada kerja apa-apa, masih hidup numpang mama, eh tiba-tiba malah dapat telepon kalo ane (maksudnya sepupu ane) dapat uang nomplok. Tertarik dong!

Tertariknya bukan karena bakalan dapat uang banyak, tapi karena ane kepengen membuktikan ke orang lain, bahwa meskipun ane nganggur ini tetep bisa menghasilkan sesuatu. Hasilnya? Bukannya plus tapi malah minus. :D

Mungkin karena itu juga banyak sekali penipuan yang bermodus Lowongan Kerja. Para Penganggur atau job seekers memang berada pada posisi paling rentan dimana mereka saat dihadapkan pada dua pilihan yang akan menyangkut masa depan, mereka berani mengambil resiko besar. Dan disitulah para penipu mengambil kesempatan.

2. Ada Uang di Tabungan

Well, kalau gak ada uang di tabungan, biar ane nya ketipu berat juga gak bakal dapat untung apa-apa tuh orang.

3. Bukan Uang Sendiri
Namanya juga belum bekerja, tentu juga belum bisa menghasilkan uang sendiri. Nah, diatas kan udah dibilang kalo salah satu faktor yang menyebabkan seseorang bisa tertipu adalah karena ada uang dalam rekeningnya. Namun kala itu, uang yang ada tersebut bukanlah murni yang ane hasilkan sendiri, namun merupakan pemberian orang tua. Sehingga sewaktu ane tertipu tersebut, ane gak merasa seperti membuang-buang uang sendiri.

Setelah bekerja, ane jadi tahu kalo uang seribu rupiah saja amat berarti dan susah didapatkan. Kalo sampai dapet bentuk penipuan macam itu lagi, pasti ane bakal sangat berhati-hati karena gak mau membuang uang yang dihasilkan dengan keringat sendiri.

Kalau begitu terpecahkan sudah, kenapa anak artis gak nyadar kalo saat shopping berjuta-juta. Wong yang kerja orang tua mereka. XD

4. Keras Kepala

Yep, ane adalah orang yang keras kepala. Waktu ditipu tersebut, ane mencoba meyakinkan diri kalo ane gak tertipu. Meski seluruh keluarga udah bilang kalo itu proses penipuan, ane gak mau mundur. Mana mungkin ane tertipu! Kalau sudah kepalang tanggung kayak gini, lanjutin aja terus sampe ane menang, dalam artian uangnya beneran sampai ke tangan ane. Setiap dia nantang transfer, ane terima tantangan tersebut karena bila ngga ane lakukan, artinya ane kalah karena uang yang ada gak bakal balik (walo ujung-ujungnya gak balik semua. Nyaha). Mungkin prinsipnya kayak taruhan. Sekarang ane jadi ngerti kenapa orang yang kecanduan taruhan itu jadi banyak yang bangkrut. 

Yep. Itu tadi sekilas analisis singkat ane tentang penyebab ane (dan mungkin orang lain juga) menjadi korban dalam kasus penipuan. Ane tidak merasa terhipnotis, tapi 'terbujuk' untuk melakukannya. Well, pada dasarnya Udyk emang orang yang mudah percaya pada orang lain, jadi mungkin kena. Tapi setelah ini, ane mencoba ambil hikmahnya aja. Sekarang kalo ada modus macem gitu lagi, ane udah kebal. 

Wong ane udah jadi korban! ^o^

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال