Cara Mudah Memfotocopy Buku Paket Kurikulum 2013

Sebagai seorang wiraswasta yang menggantungkan hidup pada penghasilan fotocopy, Urang Udyk juga sering dapet job disuruh mengcopy buku paket sekolahan. Mengcopy buku sekolahan ini ada suka ada dukanya: sukanya, kalo lembar halamannya banyak, pendapatannya juga banyak. Dukanya? Kalo lembarannya banyak, berarti nie tangan juga makin pegel bolak balik halaman buku. Nyaha.

Biasanya buku paket yang sering ane gandakan itu adalah buku SD terbitan Erlangga yang masih menggunakan kurikulum KTSP. Tapi akhir-akhir ini, mulai banyak sekolah yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 dalam sistem pembelajarannya dan otomatis bukunya juga pake yang K-13. Buku paket K-13 sendiri sudah disediakan oleh pemerintah, yang boleh diperbanyak oleh penerbit mana saja, sehingga harga jualnya lebih murah dibandingkan buku paket sekolah lainnya. Dengan kata lain, itu semua dilakukan untuk mensukseskan program sekolah gratis yang sudah dicanangkan pemerintah 'berpuluh tahun yang lalu'.

Tapi tetep saja, meski sudah pesan buku K-13 lewat Dana BOS yang diberikan pemerintah, menunggu kiriman paket tersebut lebih lama dari nunggu paket kiriman TIKI, bisa sampe berbulan-bulan. :D. Seorang guru malah mengatakan kalo buku K-13 yang nyampe duluan malah yang Tema 4, padahal tahun ajaran baru mulai, jadilah ujung-ujungnya mereka masih mengcopy buku tersebut untuk penggunaan pribadi.

Tak jauh beda dengan murid, meski judulnya udah program sekolah gratis, sebagian masih ada yang mesti mengcopy buku paket karena jumlahnya yang tidak cukup misalnya, ato buku hanya dipinjamkan di sekolah saja. Nah, kalau sudah begini, ada beberapa murid yang meminta ane mengcopykan buku-buku paket tersebut, baik dengan sistem ditungguin atau diambil nanti. Ane menyambut senang, lebih senang dari biasanya, karena tahukan Anda, mengcopy Buku Paket K13 itu jauh lebih gampang ketimbang buku paket lainnya?

Saat mengcopy buku Paket K13, ane tidak perlu repot-repot membolak balik halaman buku satu persatu. Yang perlu ane lakukan hanyalah duduk manis di depan komputer, buka browsing internet, cari buku K13 yang kepengen ane copy, donlot, lalu tinggal print aja lewat mesti fotocopy. Simple bin gampangs, bukan?

Yep. Benar sekali. Selain menyediakan buku paket gratis, pemerintah juga menyediakan bentuk file setiap buku yang ada untuk memudahkan para guru mengunduh buku yang diperlukan jika seandainya buku cetaknya belum sampai. Siapa sangka, file pdf tersebut juga amat menguntungkan ane sebagai pemilih usaha photocopy dalam mengcopy buku paket tersebut. Tak perlu repot, hanya bermodalkan kemampuan untuk menggunakan internet, maka proses mengcopy buku K13 dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Hasil copyannya tentu saja lebih kinclong dibanding proses mengcopy biasa. Tulisan lebih jelas, tak ada pula hasil copy hitam yang biasanya ada di tengah buku akibat tekukan buku. Mantap dah pokoknya! Ane demen banget deh kalo dapat job mengcopy buku K13. Mengerjainnya girang, lihat hasilnya juga girang. Win win deh!

Saat ane bilang ke emak ane kalo untuk mengcopy buku semacam itu ane cuma perlu mengerjakannya lewat komputer, emak ane tersenyum sambil berkata bijak, "Ternyata emang beda ya, tukang fotocopy yang sekolah ama yang kagak."

Haha, ane cuma bisa tertawa mendengarnya.

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال