Blog Lama Hidup Kembali, Yuk Monetize Lagi!

Drama CD, kakkehhhh >o<
Tadi malam ane bangun sekitar jam 12an, niatan mau ngabisin kuota gratisan yang ane punya, tapi ujung-ujung nya kesel karena gak ada satu film pun yang berhasil di kedonlot. Tiba-tiba, Ceklek! Ada pesan masuk ke Facebook Messenger ane. Baca deh sebentar. Intinya sih itu pesan dari penggemar blog lama ane yang udah lama nggak disentuh-sentuh. Dia nanya, kapan update nya, soalnya situs-situs sejenis juga rata-rata udah pada mati suri semua, jadi dia kepengen setidaknya satu situus aja, situs milik ane yang kebetulan satu kewarganegaraan sama dia, bisa hidup kembali.

Ah, tiba-tiba ane jadi mengenang masa lalu, bernostalgia ke masa-masa ketika ane begitu semangat ngeblog. Pagi-pagi jam 7 an udah nongkrong di pelataran taman PSB, cuma buat ngewifi gratis ngupdate blog. Hal tersebut ane berlakukan berbulan-bulan lamanya, meski ada juga masa redupnya. Alasan redupnya bermacam-macam: lelah, pendapatan yang tak sesuai, atau koneksi yang lemot.

Situs yang dimaksud tersebut merupakan situs yang menyediakan jasa download Drama CD Jejepangan. Oho. Ane nggak mau nyebutin alamatnya ya, nanti identitas Urang Udyk malah kebongkar. Hohoho. Domainnya wordpress, tapu udah ane upgrade dikiiit sehingga sekarang bisa pake embel-embel dot com dan bisa di monetize menggunakan WordAds. Awal-awal nih yah, pendapatan WordAds lumayan tinggi loh. Untuk blog Urang Udyk yang ala kadarnya tersebut, penghasilan dollar dua digit aja per bulan rasanya udah seneng. Tapi entah kenapa, akhir-akhir ini malah terus menurun hingga ke kisaran satu digit dollar, sehingga ane malas lagi mengurusinya.

Sebenarnya itu bukan alasan utama juga. Situs sumber ane mencari Drama CD, entah kenapa tiba-tiba malah kereset gitu dan ane gak bisa login lagi. Karena tak bisa login, ane gak bisa cari bahan. Karena tak bisa cari bahan, ane gak bisa ngupdate blog. Jadilah itu blog mati suri selama hampir setengah tahun.

Tapi setelah membaca pesan dari seseorang yang namanya bahkan sudah ku lupa ini (maaf, Urang Udyk pelupa tingkat akut!), ane jadi penasaran dan mencoba kembali untuk mengunjungi situs sumber berwarna jingga tersebut. Klik-klik kayak biasa, iseng pula ngeklik icon login, eh ternyata bisa login! 

Ane terkaget-kaget di tengah malam-malam buta, tiba-tiba adrenalin langsung terpacu dan menyala. Wah, kalo situsnya udah ke lock on kayak gini, ane jadi semangat nih buat ngeblog lagi. Selanjutnya ane buka akun wordpress ane, dan mengecek penghasilan situs mati suri tersebut yang ternyata masih di kisaran satu digit. Jadi ragu, lanjut nggak ya...?

Ah, lanjut aja. Nanti kalo rajin di update tuh penghasilan juga Insya Allah naik lagi. Tapi kalo mengharap penghasilan dari WordAds aja, kayaknya belum mencukupi. Ane mesti pake strategi lain untuk mengais recehan dollar melalui blog. Hmm...

Selain WordAds, selama ini ane juga mengakali menambah penghasilan dengan penggunakan jasa Pay Per Download dan Shrinking Link. Sayangnya untuk jasa PPD, banyak situs abal-abal yang ujung-ujungnya dibayar nggak, file malah kehapus dalam jangka waktu tiga puluh hari bila tidak di donlot. Ane putuskan untuk tidak menggunakan jasa PPD dan menggunakan file hosting kepercayaan ane: solidfiles. Kenapa solidfiles? Karena file ane yang dari 3 tahun yang lalu juga masih ada, proses download dan upload nyaman, pengaturan file mudah, kapasitas juga lumayan banyak. Kenapa bukan mediafire aja? Haha. Dulu pernah, tahu-tahu akun ane malah di tutup gegara isi file nya copyright semua. Nyahaha.

Oke, masalah file hosting terselesaikan. Selanjutnya Shrinking Link. Selama ini ane make ouo.io, dan itu sudah hitungan lumayan untuk blog yang nggak gitu terkenal macam blog ane. Yang jelas, mereka selalu membayar, sehingga ane percaya. Tapi kayaknya, kalo cuma satu masih kurang. Akhirnya ane putuskan untuk menambah shringking link lagi. Kali ini pilihan ane jatuh ke shorte.st. Ane udah lama punya akun shorte, dan sebelumnya udah make juga, pernah pay out juga. Hanya saja karena berdasarkan wilayah pangsa pasar payout rates di ouo lebih gedean dikit ketimbang shorte, ane jadi sedikit mengenyampingkannya. Ohoho. Meski begitu, sekarang ane putuskan untuk make lagi, keduanya biar mantap.

Jadi, kita pake Shrinking Link dan WordAds aja ya sebagai sumber penghasilan? Hmm, kayaknya itu juga bakalan merangkak tetap di bilangan satu digit tiap bulannya. Mestikah ane tambah yang lain? Mikir lagi. Ting! Tiba-tiba terlintas ide. Affiliate Program!

Yep, situs ane kan tempat berbagi link donlot CD, kenapa gak sekalian ane jualan CD nya juga, siapa tahu beberapa ada yang kepengen beli kasetnya langsung ketimbang ngedonlot. Lagipula untuk Affiliate Program sendiri, ane udah terdaftar di dua situs jejepangan utama: CD Japan dan Play-Asia. Dulu sempat ane pasang link nya di beberapa titik. Dan percaya tidak percaya, di akun ane ternyata juga ade dolarnya meski cuma nol koma sekian. Haha. Intinya, kayaknya Affiliate bakalan berhasil juga nih kalo ditekuni. Pasang juga ah!

Yosh. Akhirnya ane putuskan untuk menggunakan tiga macam senjata untuk memonetize blog ane yang emang html nya nggal bisa di utak-atik itu: WordAds, Shrinking Link, Affiliate Program. Moga kali ini bisa istiqamah nih ngeblognya! ^

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال