Cartridge Rusak? Beli Kemahalan? Recycle Refill Aja!


Ane punya kabar buruk pemirsa. Setelah sebelumnya ane begitu mengagung-agungkan Printer Canon Pixma iP2770, ternyata setelahnya ane mendapat sebuah musibah pelik: cartridge warna ane ngadat, warna merahnya gak bisa keluar. :-(

Ane bingung. Langsung bongkar printer sejenis lama yang sudah divonis rusak ama tukang servise. Ambil cartridge warnanya, lalu pasang di printer baru. Eh baru nyadar kalo printer yang satu ini pake infus. Jadilah ane sekuat tenaga memperbesar lubang tinta di cartridge yang lama. Pas udah selesai, malah kebesaran! Tintanya malah melumer kemana-mana termasuk ke tangan ane.

Setelah beberapa kali trial dan error, ane menyerah. Ane putuskan untuk mengistirahatkan printer tersebut dan hanya menggunakan printer E410 bila ada yang kepengen ngeprint. Duh, padahal sekarang lagi musimnya anak-anak ngedaftar kuliah dan sekolah baru, jadi pada rame tuh mereka nyetak foto. Hah... memang sih hasil print nya bling bling, tapi ane rada takut kalo keseringan diforsir nanti malah printer ini juga ikutan rusak.

Rencana hari Jumat ke tukang service. Pagi sibuk, siang panas, batal. Esoknya, Sabtu. Pagi tetap sibuk, siang tetap panas, batal lagi. Akhirnya hari Minggu, mau tidak mau ane harus pergi karena ini satu-satunya hari yang biasanya toko ane nggak begitu padat. Ane pun pergi ke tukang service siang hari setelah Zuhur, saat toko mulai sepi dan cuaca tetep panas menyala.

Beruntung, toko komputernya buka. Namun berhubung hari ini hari Minggu, tukang service juga pada ikutan libur. Yang jaga adalah ibu pemilik toko, yang memang mengerti masalah printer, namun untuk urusan perbaikan, beliau serahkan pada para teknisi ahlinya. Meski begitu, ane mencoba bersikeras minta diperbaiki hari ini juga, karena printernya udah gak bisa dipake hampir dua mingguan. Akhirnya beliau coba cek masalahnya, yang memang di cartridge warna itu, dan sampailah pada satu kesimpulan: cartridge nya rusak, warna merah udah gak bisa dipake.

Ane cuma bisa menelan ludah. Baru juga make dua bulan udah rusak? Begitu pikiran pendek ane berkata marah. Namun pikiran panjang ane mencoba bicara berdasarkan logika. Selama dua bulan ini, tuh printer 80% dipake buat ngeprint foto, yang hampir tiap hari dilakukan. Jadi kayaknya wajar aja deh bila tuh cartridge udah ngos-ngosan gak sanggup lagi dan akhirnya 'mogok kerja'. Udah deh, relain aja. >_<

Akhirnya ane coba-coba nanya, berapa harga cartridge warna buat nih printer. Beliau bilang, sekitar 250 ribuan. Waduh, lagi-lagi ane menelan ludah. Gak bisa murahan dikit yak? Kalo begini terus pengeluaran ane bakal membengkak. 

"Yang cartridge bekas juga ada. Lebih murah."

Ting! Ada tapi beliau bilang? Cratridge bekas? Benda macam apa itu?

Ane yang udyk nan penasaran ini akhirnya menanyakan lebih lanjut. Beliau menjelaskan dengan bahasa sederhana bahwa intinya tuh cartridge adalah cartridge lama, yang entah bagaimana caranya beliau recycle lagi supaya oke, dan bisa dipake kembali. Harganya? 160ribuan. Wah, lebih hemat 100 ribuan dong!

Akhirnya ane putuskan. Besok, kalo ternyata tuh cartridge emang divonis rusak ama teknisinya, ane bakalan ganti tuh cartridge sama cartridge isi ulang. Dan besoknya memang, cartridge tersebut divonis warna merahnya udah error. Jadinya tanpa ragu, tanpa bimbang dan tanpa mengeluarkan uang lebih banyak, ane putuskan untuk menggantinya dengan cartride refill. 

Alhamdulillah... hasil print nya tidak mengecewakan, gak jauh beda dengan hasil cartridge original. Ane pikir, ini adalah sebuah penemuan baru bagi orang udyk macam ane. Karena sebenarnya setelah ane browsing di internet, sudah sering orang menggunakan cartridge refill, harganya murah-murah juga hingga mencapai 100 ribuan doang. Haha. Berarti ane yang ketinggalan zaman. Tapi males ah beli cartridge refill secara online. Mungkin lebih mahalan kalo beli di toko, tapi kan langsung bisa di tes jadi ketahuan hasilnya gimana dan gak merasa ditipu siapa-siapa.

Siiip. Akhirnya printer ane sibuk beraktivitas lagi. :-D

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال