Dilabrak Toko Sebelah

Siang-siang harinya panas menggantang, gak ada pelanggan di toko, Urang Udyk uring-uringan di kamar sambil guling-guling gak jelas. Tiba-tiba ada yang manggil dari depan toko. Ane keluarin dan perhatikan orangnya. 

Hm?

Itu kan si pemilik toko Fotocopy yang ada di desa sebelah, H. S., gak mungkin dong beliau datang ke sini mau memfotokopi sesuatu. Ada apa gerangan?

Ane senyum-senyum sambil say hello ke beliau, beliau masih masang muka tegas bertanya kepada ane, "Kamu, berapa harga fotocopyan di tempat ini?"

Ane jawab jujur, 200.

Beliau memasang tampang tidak percaya dengan raut wajah tidak suka. 
"Hah? 200? Sekarang harga fotocopy udah rata-rata 250!
Di ST 250, di samping saya 250, yang di SA juga 250.
Kenapa kamu malah masih masang harga 200??! 
Harga kertas naik! Service mesin juga kalo rusak biaya gantinya mahal, bisa 3 sampai empat juta. 
200 mau dapat apa?! Gak ada untung itu! 
Emang berapa kamu beli nih mesin fotocopy? Hah?? 29 JUTA???!!! 
Ck ck... Mahal banget! Saya beli cuma 13 juta dua tahun yang lalu. 
Heh, kena tipu kamu. Padahal nih merk yang kamu pake sering rusak. 
Udah pernah ganti drum belum? Tuh drum kalo diganti biayanya mahal. Nanti kalo kamu ganti pasti tahu berapa mahal harganya. 
Oh, udah pernah ganti? Berapa biayanya?
Masih masuk garansi? Ya masih untung. 
Bla bla bla...."

Haha. Sebenarnya beliau gak ngomong nyerocos begitu juga. Di tiap kalimat tentu juga ane selingi dengan kalimat pembelaan. Seperti di bawah ini contohnya.

"200 rupiah juga masih ada yang mau nawar lo pak.
Soalnya mereka membandingkannya dengan toko yang ada di kota M, harganya malah bisa cuma 150 doang.
Ngomong-ngomong di tempat Bapak berapa motocopy bolak balik? 500?
Di tempat saya 400, itu pun masih ada yang nawar jadi 300, sambil nunjuk-nunjuk kalo toko di tempat kisaran Bapak ke ujung juga cuma 300.
Yah, intinya kan tetap ada untungnya Pak.
Sama gak enak juga kalo tiba-tiba naikin harga.
Kecuali kalo emang ada selebaran yang menyatakan persatuan fotocopy kecamatan ini harganya 250.
Pasti akan dengan senang hati saya pajang, Pak"

Sampai akhir beliau masih tetap mendoktrin, atau mungkin menekan ane supaya menaikkan harga, dengan kalimat penutup seperti ini. "Tapi terserah deh mau harga fotocopy kami 200 kek, 150 kek, yang rugi kamu sendiri!"

Sepulangnya beliau, ane dan mami ane cuma bisa geleng-geleng kepala sambil berdiskusi panjang lebar tentang karakter beliau. Sebenarnya, menaikkan harga bukanah hal yang berat untuk dilakukan. Toh pada ujung-ujungnya kan keuntungan ane jadi nambah. Tapi ane kurang suka dengan gaya beliau menyampaikan pesan tersebut, yang terkesan seakan-akan beliau merasa tidak suka tersaingi karena harga copyan ane lebih murah dari beliau. Coba kalo seandainya diadakan rapat para pengurus focotopy se kecamatan, lalu rembukkan harga bersama, lalu buat surat edaran. Kan enak, tak ada salah paham di antara kita.

Setelah itu, ane ngebrowsing harga fotocopy di Indonesia. Ternyata harganya emang bervariasi dari 200 dan 250, tergantung lokasi. Hmm, ane jadi mikir juga apakah perlu ane naikin nih harga fotocopy. Tapi kok kesannya seakan-akan ane takut ama beliau ya? Haha. Ahh, bingung deh! Sebaiknya nanti sore ane diskusikan dan rembukkan dulu dengan kakak, baru mengambil keputusan.

Tapi intinya, kalo toh memang nanti harga fotocopy naik, dan pelanggan dengan heran bertanya kenapa harganya naik, maka akan ane jawab dengan santai, "Kemaren dilabrak H.S, disuruh naikin harga fotocopy supaya sama kayak beliau."

Jujur!

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال