Inilah Kenapa Printer Pixma Canon IP2770 Jauh Lebih Unggul Dibanding Canon E410

Sebagai wiraswasta yang kerjaannya gak jauh-jauh dari kegiatan ngopy dan print, Urang Udyk wajib punya printer juga dong. Ane milih printer dari merk yang aman banget, Canon. Printer Canon yang ane pake adalah Canon IP2770, tapi sebenarnya itu bukan barang baru karena sudah ane punya semenjak lima tahun yang lalu. Printer tersebut cartidge hitamnya udah rusak entah kenapa. Tapi gak masalah karena cartridge warnanya masih baik-baik aja, jadi ya itu doang yang di pake buat ngeprint baik tulisan berwarna maupun hitam. 

Karena dulu printer itu bertapa di kosan kakak yang nun jauh di Banjarmasin, akhirnya ane putuskan beli printer satu lagi buat di rumah. Kali ini pilihan ane jatuh ke Printer Canon E410. Alasan ane milih printer tersebut simpel aja: karena ada scan nya, karena gak asyik aja kalo printer nya sama. Setelah ane berwirausaha, kedua macam printer tersebut akhirnya ikut nangkring di toko ane dan menjadi saksi bisu tentang perjuangan ane ngeprint surat, makalah, ato sekedar foto anak-anak sekolah.

Sering sekali terjadi masalah saat ane menggunakan kedua printer tersebut, terutama berurusan dengan cartridge dan tintanya. Tapi karena ane punya printer dua, jadi kalo satu bermasalah, masih bisa yang lain diandalkan. Namun setelah sekian lama menggunakan dua macam tipe printer tersebut, ane jadi tersadar, kalo Printer Canon IP2770 memang jauh lebih baik dibanding E410. Pantes saja tuh printer naik cetak terus meskipun sebenarnya itu produk lama keluaran Canon Pixma. Kalo mau dibilang, kelebihan E410 cuma satu: ada mesin scannya. Sisanya? Jauh lebih baik IP2770.

Apa saja keunggulannya? Keunggulan yang ane tulis berikut ini merupakan pengalaman Urang Udyk pribadi terhadap printer yang ane miliki. Pendapat tiap orang mungkin berbeda, karenanya ane tekankan kalo keunggulan di bawah amat subjektif dari sudut pandang udyk ane sendiri. Nyok dilihat!

1. Ngeprint pake IP2770 bebas mengatur tulisan. 

Meskipun tulisan atau gambar agak keluar margin, tetap aja hasil printnya keliatan. Kalo E410? Waduh, sering banget tuh ane ngeprint tulisan di ujungnya kepotong karena margin kiri kanan wajib ada kira-kira sekitar 1 inchi-an.. Kalo sudah begini ane jadi pusing. Bukan sekedar kertas yang terbuang, ane pusing menggeser-geser tulisan supaya muat semua waktu di print di E410.

Kasus semacam ini terutama terasa jelas bila ane mesti ngeprint dokumen Excel di kertas berukuran F4. Tahu sendiri kan, di Excel itu ane gak bisa ngatur kertas jadi ukuran Folio, yang ada legal doang. Jadi tampilan di layar jelas akan berbeda dengan hasilnya nanti, terutama mengenai ujung margin sebelah kanan. Di tampilan layar kayaknya masih muat, waktu di print tahu-tahu udah kepotong aja. Argh, kesel. Mana orang yang ngeprint nya nungguin lagi. Kan ketahuan betapa udyk nya ane gak bisa ngatur posisi supaya tulisannya masuk semua.

2. Cartridge IP2770 lebih awet dan tahan lama. 

Di atas udah ane singgung kalo cartidge hitam ane rusak. Tapi ane tidak mengalami masalah besar waktu ngeprint dengan cartidge warna doang dan tetap berjaya menggunakannya sekitar 3 tahunan. Kalo E410? Semenjak ane buka toko sekitar setengah tahun yang lalu, terhitung sudah ada 4 cartridge yang ane beli ulang: 2 cartridge hitam, 2 cartridge warna. Bayangkan! Cartridge nya cepet banget rusak kalo terus diforsir pemakaiannya. 

Ternyata, hal tersebut juga diamini oleh toko tempat ane membeli cartridge tersebut. Awalnya, ane ngeliat-liat di etalase harga cartridge E410 jauh lebih murah ketimbang IP2770. Ane tanya aja kenapa. Penjualnya lalu menjawab, itu karena cartridge E410 lebih cepat rusak ketimbang IP2770. Hehe, setuju dah, guman ane dalam hati. Karenanya kata beliau lagi, para toko-toko pengetikan biasanya lebih memilih IP2770 sebagai printer mereka ketimbang E410. Ane ngangguk-angguk. Berarti mulai sekarang, ane kayaknya mesti lebih banyak menggunakan IP2770 ketimbang E410.

3. Ngeprint foto di IP2770 gampang. 

Tinggal pilih settingan Plain Paper menjadi Glossy Photo Paper, foto bisa meluncur mulus di print-an tidak peduli mau ukurannya A4 atau lebih kecil dari itu. Kalo di E410. Uwah, susah menjelaskan betapa ribetnya.

Dulu, waktu ane ngeprint foto pake E410, muncul terus pemberitahuan error yang mengatakan bahwa ngeprint gagal karena media tipe dan ukuran kertas tidak sesuai. Ane bingung. Di IP2770 kagak ada tuh pemberitahuan macem begitu. Ujung-ujungnya ane mesti ngeprint foto dengan media tipe plain paper, dan itu merupakan sebuah disaster karena tinta print hitamnya gak mau nempel di kertas foto hingga jadilah hasil fotonya coreng moreng.

Akhirnya karena sudah nyerah, ane klik deh pilihan user's manual. Dan inilah ternyata jawabannya.

Ampun dah. Jadi kalo mau ngeprint foto glossy lewat E410 cuma bisa ukuran 3R doang? Jadi kita gak bisa ngeprint foto ukuran A4? Laa haula walaa quwwata illa billaah... Semenjak mengetahui hal tersebut, printer E410 cuma bisa difungsikan untuk ngeprint pas photo doang. ^o^

4. Isi tinta cartridge IP2700 gak ribet.

Keuntungan keempat ini bukan pendapat pribadi, tapi menurut salah satu komentar dari pelanggan ane. Salah seorang Bu Guru bilang kalo mau ngisi ulang tinta IP2770 dengan suntikan lebih gampang karena kita bisa langsung menyuntikkannya ke dalam cartridge tanpa mesti memindah-tempatkannya keluar. Sedangkan untuk E410, bila ingin mengisi nya dengan suntikan, harus melepas cartridge nya dulu baru bisa disuntik. Ane setuju dengan pendapat ini. Yeah, walaupun secara pribadi, ane selama ini mau E410 ato IP2770, tetep aja cartridge-nya dikeluarin kalo mau isi ulang. Nyaha.

Itu dia review panjang kebawah ane tentang Printer Canon Pixma IP2700 dan E410. Meskipun ane kayaknya terlalu 'menjelek-jelekkan' E410, tetep aja tuh printer merupakan benda penting bagi ane karena ane perlu alat scannya buat ngopy dokumen berwarna. Hmm, tapi kalo boleh usul sih, seandainya tuh printer mau di upgrade ke depannya, tolong ukuran layar scannya diperbesar dong dari A4 ke F4, biar lebih maknyus! ^___^

6 Comments

  1. sangat bermanfaat. Mau tanya nih ka, kalo dari hasil cetak fotonya sendiri lebih bagus mana?IP2770 atau E410, atau ada saran tipe lain tapi masih dalam kisaran harga yang sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pilih IP2770 dibanding E410. Untuk masalah kualitas, tergantung jenis tinta refill yang dipake sih. He

      Delete
  2. Sorry kak sebelumnya, aku mau tanya. Kira2 Canon E410 ini kalo untuk keperluan skripsi recommended gak ya?
    Butuh saran dan masukannya.
    Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeprint skripsi mending pake IP2770 saja, soalnya pasti perlunya print langsung banyak kan, lebih tangguh 2770 ketimbang e410.

      Delete
  3. Aku ngerefill tinta hitam e410 pke refill tinta hitamnya 2770 trus malah error kak. Lampu alarm sama lampu black ink nyala bareng trus print gabisa dipake buat ngeprint

    ReplyDelete
  4. Ip2770 kira2 cocok gk buat mahasiswa?cartridge ny bisa sampe brp lembar text hitam?

    ReplyDelete
Previous Next

نموذج الاتصال