6 Alasan Orang Malas Berkunjung Balik Ke Situs Kamu

Adalah sebuah kebahagiaan bila blog atau situs yang kamu miliki memiliki banyak visitor. Terlebih lagi, bila ternyata visitor yang datang merupakan pengunjung setia dimana mereka tidak sungkan untuk membuka situs kamu untuk kedua, ketiga dan ke sekian kalinya. Mereka bakal setia menunggu uptade-an terbaru blog kamu dan segera cap cuss bila ada artikel baru. Biasanya sih, situs semacam ini identik dengan situs berita atau tempat download hal-hal yang banyak dicari seperti musik, film atau buku. Meski begitu, ada juga kalanya saat kamu menemukan satu situs, udah sesuai banget nih ama yang kamu mau, namun ada unsur dalam situs itu yang membuat kamu merasa harus berpikir dua kali untuk berkunjung balik. Saya mencoba merangkum beberapa alasan kenapa orang malas berkunjung balik ke blog kamu, berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. Iklan terlalu banyak

Iklan yang terlalu banyak, lebay dan berlebihan menjadi salah satu faktor bagi pengunjung untuk melakukan kunjungan balik lagi atau tidak. Jenis iklan yang kurang disukai bagi saya sendiri adalah iklan pop ads, judi, atau pornografi. Apalagi biasanya iklan tersebut iklan pasangan yang tidak akan hilang meski sudah dipasang adblocker. Wah, benar-benar mengganggu pemandangan dah.

2. Link NEXT yang terlalu banyak

Sekarang lagi musim nih, artikel berita atau list-list macam begini, biasanya mencantumkan tombol next untuk daftar selanjutnya yang akan muncul. Tujuannya sih jelas, untuk menambah page view. Tapi kadang hal ini membuat saya rada jengkel dan malas untuk membaca lebih jauh, apalagi bila ternyata loadingnya lambat.
Biasanya saya suka kesal sendiri kalau baca berita di situs tri*un, tombol next-nya banyak banget, judul memancing tapi pembukaannya panjang gila. Kalau memang penasaran, biasanya saya langsung klik ke halaman terakhir saja, soalnya biasanya disitu inti beritanya berada. Haha

3. Situs yang terlalu berat

Ada situs berita yang sering saya baca, all*pop, isinya berita tentang artis-artis korea gitu. Entah mengapa untuk template situs tersebut sering banget membuat laptop atau smartphone saya not responding. Haduh. Entah yang salah laptop saya atau situsnya, tapi biasanya kalau sudah seperti ini, berita yang kepingin saya baca jadi terasa sambar ketemu loading. Gak jadi dibaca dah.

4. Pemberitahuan Nonaktifkan Adblocker

Kehadiran Adblocker sedikit banyak berpengaruh pada penghasilan teman-teman yang menggantungkan pendapatannya pada iklan di blog, karena fungsi adblocker adalah memblokir iklan sehingga tentu saja, revenue akan menurun. Untuk mengakali hal seperti ini, biasanya beberapa blogger memasang pemberitahuan untuk menonaktifkan adblocker terlebih dahulu sebelum bisa mengakses blog mereka. Wah jujur saja, kalau saya ketemu yang beginian, biasanya saya jadi malas untuk melangkah lebih jauh. Apalagi bila ternyata info yang saya perlukan bisa saya temukan di blog lain yang tidak ada pemberitahuan macam begituan, langsung dah saya tutup tab tanpa perlu surfing lebih jauh ke situs tersebut.

5. Artikel tidak bisa dicopy

Untuk melindungi agar artikel yang ada di blog, biasanya para blogger memasang kode khusus sehingga blog mereka tidak bisa di copy orang lain, atau tidak bisa mengaktifkan fungsi klik kanan. Sebenarnya bagi saya itu tidak masalah, bila isi blog mereka memang konten kreatif yang keluar dari buah pikiran mereka sendiri. Yang kadang bikin kesal itu, bila ada orang berbagi makalah atau lirik lagu, namun artikelnya tidak bisa dicopy. Haduh. Padahal kan tujuan orang berbagi makalah itu memang biar bisa dicopy kembali. Hehe. Kalau untuk lirik lagu, pada dasarnya itu kan bukan lagu mereka, jadi tak perlulah pelit-pelit memblokir fungsi klik kanan. Apalagi kalau saya sendiri, mempunyai situs yang berisi not angka lagu. Untuk membuat not angka, pertama-tama saya harus cari liriknya dulu kan. Saya pastikan kalau saya tidak akan mengunjungi dua kali situs yang saya tahu liriknya tak bisa di copy paste. Hehe

6. Isi tidak sesuai judul

Kalau ini mah sudah jelas banyak yang tidak suka. Saya tidak mengerti rumus apa yang mereka terapkan, pokoknya entah kenapa waktu melakukan pencarian di google sampai ke situs mereka, waktu dibuka malah nggak ada isinya. Saya sempat ketemu kasus, mau mendownload buku Kurikulum 2013. Judulnya sudah mantap banget tentang Download Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2018, tapi di bagian paling bawah tiba-tiba malah muncul tulisan "Maaf buku tersebut belum tersedia." Hoalah, nggak usah deh sekalian bikin artikel nya. Jadi nggak percaya deh dengan isi artikel-artikel lainnya

Demikian dia beberapa alasan kenapa orang jadi malah berkunjung ke blog kita. Tentu saja, bukan berarti saya menyalahkan semua blog blog yang menggunakan fungsi-fungsi di atas. Semuanya sah-sah saja, Cuma kalau bagi saya sendiri, nggak usah berlebihan lah. Biar pengunjung merasa nyaman mengunjungi blog kita, yuk bikin blog yang ramah pengunjung sama-sama!

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال